JURUSAN

Apa Itu Internet, bagaimana cara kerja internet

Interconnected Network (Internet)

Hampir seluruh orang di dunia tidak bisa lepas dari penggunaan internet setiap harinya. Mulai dari berkomunikasi dengan teman atau keluarga, mencari informasi, update berita terkini, hingga belajar dan bekerja. Bahkan, tak sedikit orang berkata jika hari-harinya tak lengkap tanpa ada internet.

Tapi, tahukah kamu apa itu internet dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Internet?

Internet atau interconnected network merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer untuk menghubungkannya dengan komputer yang lain. KBBI sendiri mendefinisikan internet sebagai jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet.

Dalam bahasa latin, internet berasal dari kata inter dan antara yang berarti jaringan dari milyaran perangkat yang ada di seluruh dunia. Jaringan tersebut menggunakan sistem standar global TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Suit).

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Di bawah ini merupakan sistem-sistem penting yang membuat internet dapat bekerja, antara lain:

Server client; server adalah komputer yang mengirimkan data dari dan ke dalam internet, sedangkan komputer tersebut dikenal dengan istilah client atau sistem yang meminta informasi dari Internet Service Provider (ISP) sebagai server.
Satelit dan antena pemancar; digunakan oleh server untuk melakukan proses transmisi data dan disebarkan ke seluruh dunia.

Modem dan router; sebuah komputer memerlukan modem untuk terhubung ke internet, sedangkan untuk menghubungkan internet ke banyak komputer diperlukan router.

Protokol; bahasa komputer yang digunakan internetuntuk berkomunikasi dengan server dan client. Protokol juga berkaitan dengan istilah HTTP atau alamat dari protokol tersebut yang berguna untuk mengakses website.

IP; alat numerik yang digunakan untuk mengirim paket informasi komputer, sedangkan IP Address adalah sumber informasi dari mana dan ke mana paket tersebut dikirim.

Internet browser: media seperti Google Chrome, Opera dan Firefox yang digunakan untuk mengakses berbagai informasi, data, dan sumber daya.

Apa Saja Fungsi Internet?         

Setelah mengetahui cara kerja internet, kamu juga perlu memahami apa saja fungsinya, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini penjelasannya:

  • Bertukar dan Mendapatkan Informasi
Dengan adanya jaringan komputer global seperti internet, kamu bisa bertukar informasi berupa data dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Contohnya yaitu karya tulisan, makalah. jurnal, desain, foto, dan video. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, misalnya rekomendasi tempat wisata di berbagai kota atau negara.

  • Mengakses Berita dari Dalam dan Luar Negeri
Setiap hari ada berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru dunia dan kamu dapat mengetahui detailnya tanpa harus berada di lokasi tersebut. Semua ini berkat adanya jaringan penghubung global yang bisa diakses oleh siapa pun, kapan pun, dan di mana pun hanya dengan memasukkan kata kunci di mesin pencarian. Setelah itu, akan muncul ribuan berita terkini yang bisa kamu baca.

  • Alat Komunikasi yang Cepat dan Mudah
Internet juga sangat berguna sebagai alat komunikasi antara satu pihak dengan pihak lainnya tanpa ada hambatan jarak. Cara komunikasi secara digital ini sangat berbeda dari metode komunikasi zaman dulu, dimana kamu perlu menunggu berhari-hari untuk menerima balasan surat dari orang yang dituju.

  • Sarana Hiburan
Semua orang pasti membutuhkan hiburan untuk melepas penat setelah lelah beraktivitas. Dengan adanya internet, kamu bisa mengakses konten hiburan kapan pun dan di mana pun kamu mau.

Mau streaming film, series, atau lagu favorit? Atau mau menghabiskan waktu dengan main game? Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah berkat kehadiran jaringan penghubung global ini.


Putar dan simak video berikut ini:


====== # ======

Tugas Individu;

  1. Memahami Internet
  2. Menyimak video pembelajaran Internet
  3. Mencatat poin-poin penting mengenai Internet.

Posting Komentar

0 Komentar