JURUSAN

Memahami Bandwidth & Troughput

Apa yang Dimaksud dengan Bandwidth?

Apa itu bandwidth dalam dunia internet bisa juga diartikan sebagai kapasitas, volume, atau kuota dari sebuah jaringan internet yang dipakai untuk mengirim dan menerima data per detiknya. Karena itulah satuan bandwidth menggunakan bps (bits per second).

Bandwidth bisa juga dianalogikan seperti pipa yang dipakai untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya. Pipa ini memiliki volume tertentu untuk bisa mengalirkan air. Nah, volume pada pipa adalah gambaran dari bandwidth. Sedangkan, air adalah data yang ditransfer dalam internet. Makin besar volume bandwidth, maka makin cepat pula data yang dialirkan.

Dalam arti lain, bandwidth juga bisa disebut sebagai jumlah kuota maksimum dari data yang ditransfer setiap detiknya dalam jaringan internet. Sekilas memang pengertiannya mirip dengan kecepatan internet. Padahal, jika dipelajari lebih rinci, terdapat perbedaan antara bandwidth dengan kecepatan internet. 

Apa Fungsi Bandwidth?

Dari penjelasan di atas, lantas sebenarnya apa fungsi bandwidth? Berikut beberapa fungsi bandwidth yang perlu Anda ketahui:

1. Membagi Kecepatan Transfer Data

Ketika salah satu user memakan banyak bandwidth, tentu akan mengganggu kecepatan transfer data pengguna lain yang ada dalam satu jaringan sama. Di sinilah bandwidth berfungsi untuk membagi kecepatan transfer data antara pengguna menjadi merata.

Jika ada bandwidth terbatas, jaringan bisa lebih stabil karena tidak ada perangkat khusus yang menguras bandwidth menjadi lebih besar. Maka, tidak ada bandwidth yang tersedot secara timpang sehingga internet bisa diakses dengan adil.

2. Jalur Transfer Data

Fungsi bandwidth selanjutnya adalah sebagai jalur transfer data. Cara kerjanya adalah seperti analogi pipa air yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bandwidth akan menghubungkan jaringan internet dari satu perangkat kepada perangkat lainnya.

3. Mengatur Jumlah Data yang Ditransfer

Terakhir, fungsi bandwidth adalah untuk memberi batasan jumlah data yang bisa ditransfer. Fungsi ini biasanya dimanfaatkan oleh administrator untuk menjaga kecepatan transfer data agar bisa berjalan dengan optimal.

Pengaturan jumlah data ini bertujuan untuk mengurangi trafik yang tinggi dalam jangka waktu lama. Trafik tinggi dalam jangka waktu lama juga ternyata tidak bagus karena bisa mengganggu stabilitas jaringan. Pasalnya, kapasitas bandwidth yang tersedia akan ikut mendapatkan pengaruhnya.

Sumber 1 Sumber 2


Simak di video berikut ini untuk menyimak penjelasan tentang Bandwidth;

 


Posting Komentar

0 Komentar